HomeEntertainmentTentang Optocoupler / Phototransistor
Tentang_Optocoupler_Phototransistor

Tentang Optocoupler / Phototransistor

Tentang Optocoupler / Phototransistor

Optocoupler pada dasarnya terdiri dari dua komponen utama yaitu Dioda Led sebagai Transmitter dan Transistor Foto sebagai Receiver dimana keduanya dikemas dalam satu kemasan. antara bagian cahaya dengan bagian deteksi sumber cahaya adalah terpisah sehingga antara kedua bagian tersebut tidak terhubung secara listrik namun bagian penerima hanya akan bereaksi bila mendapat cahaya dari Dioda Led atau sipemberi cahaya (berupa Infra Red).

Selain digunakan sebagai Saklar Elektrik yang bekerja secara otomatis, Optocoupler sering digunakan sebagai Komponen penghubung (Coupling) yang bekerja berdasarkan picu cahaya Optic atau yang disebut sebagai Komponen Interface.

Optocoupler terdiri dari dua bagian yaitu :

1. Pada Transmitter dibangun dari sebuah LED infra merah. Jika dibandingkan dengan menggunakan LED biasa, LED infra merah memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap sinyal tampak. Cahaya yang dipancarkan oleh LED infra merah tidak terlihat oleh mata telanjang.

2. Pada bagian Receiver dibangun dengan dasar Komponen Photodiode. Photodiode merupakan suatu Transistor yang peka terhadap tenaga cahaya. Suatu sumber cahaya menghasilkan energi panas, begitu pula dengan spektrum infra merah. Karena spektrum infra mempunyai efek panas yang lebih besar dari cahaya tampak, maka Photodiode lebih peka untuk menangkap radiasi dari sinar infra merah.

Ditinjau dari penggunaanya, fisik Optocoupler dapat berbentuk bermacam-macam. Bila hanya digunakan untuk mengisolasi level tegangan atau data pada sisi Transmitter dan sisi Receiver, maka Optocoupler ini biasanya dibuat dalam bentuk solid (tidak ada ruang antara LED dan Photodiode). Sehingga sinyal listrik yang ada pada input dan output akan terisolasi. Dengan kata lain Optocoupler ini digunakan sebagai Optoisolator jenis IC.

Prinsip kerja dari Optocoupler :

• Jika antara Photodiode dan LED terhalang maka Photodiode tersebut akan off, sehingga output dari Kolektor akan berlogika high.

• Sebaliknya jika antara Photodiode dan LED tidak terhalang maka Photodiode tersebut akan on, sehingga output-nya akan berlogika low.

Jika anda membutuhkan Komponen Optocoupler/Phototransistor dengan part number/Type tertentu. silakan cek update stock dan harganya, pada tautan berikut ini,

http://komponenelektronika.com/search.php…

Atau silakan konsultasikan kebutuhan anda via sms,whatsapp,bbm atau email yang tertera.

Like like emoticon dan share jika bermanfaat untuk anda dan oran lain.

Komponen Elektronika
http://KomponenElektronika.com
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>