HomeStoryLangkah Sebelum memasang Mesin TV China
Langkah_Sebelum_memasang_Mesin_TV_China

Langkah Sebelum memasang Mesin TV China

Perhatikan ini Sebelum memasang Mesin TV China

1. Langkah pertama adalah mengukur impedansi Deflection Yoke bagian horisontal. Sebaiknya menggunakan ohm-meter digital, karena ohm-meter analog biasanya kurang akurat jika untuk mengukur nilai ohm yang kecil. Mesin China kalau dipasang pada Deflection Yoke dengan impedansi kurang dari 1.5 ohm akan menyebabkan Transistor horisontal panas atau rusak. Maka jika nilai kurang dari 1.5 ohm – perlu merubah hubungan kumparan Deflection Yoke dari paralel menjadi serial dengan tujuan agar nilai ohm menjadi lebih besar. Jika nilai tetap kurang besar maka gunakan trafo-impedansi Deflection Yoke sebagai penyesuai impedansi, ini bisa didapatkan (beli) secara terpisah dari Mesin TV China.

2. Jika mengganti layar TV flat 29 inch, akan lebih baik hasilnya jika menggunakan mesin China yang menggunakan EW digital (bukan menggunakan VR). Karena kalau menggunakan VR biasanya bagian pinggir kiri-kanan masih tetap sedikit melengkung tidak bisa lurus (terutama bagian pojok-pojoknya)

3. Untuk TV CRT slim gunakan mesin China yang juga khusus untuk slim, kalau tidak kemungkinan akan bermasalah pada vertikal size maupun horisontal size.

4. Jika mengganti mesin TV dengan model lama yang masih menggunakan Transistor jengkol, Periksa juga impedansi bagian kumparan vertikal. Jika impedansi sangat tinggi (sekitar 40 ohm), maka hubungan kumparan vertikal perlu dirubah dari serial menjadi paralel. Tujuannya agar impedansi turun. Mesin China hanya cocok untuk dipasang pada Deflection Yoke vertikal dengan impedansi sekitar 8 hingga 20 ohm.

5. Jika impedansi vertikal agak tinggi, maka kadang muncul gangguan beberapa garis blangking pada bagian atas layar. Untuk menghilangkan gangguan semacam ini, maka pasang tambahan Resistor dengan nilai sekitar 100 atau 300 ohm yang dipasang paralel dengan kumparan Deflection Yoke vertikal.

6. Jika gambar terlalu lebar/kurang lebar, maka dapat dikecilkan/dilebarkan dengan penambahan tranfo impedansi Deflection Yoke.

7. Kalau hanya kurang lebar sedikit bisa dipasang tambahan Kapasitor 202 samapi 402 yang mempunyai tegangan 1600v pada kolektor Transistor horisontal dengan ground ·

8. Lakukan selalu adjustment geometri (Vsize, Vcenter, V lin, VSC) dan white balance untuk mendapatkan kualitas gambar yang optimal. menggunakan Patern Generator.

9. Lakukan Running Test beberapa lama – untuk memastikan Transistor horisontal tidak over heat. Transsistor horisontal yang over heat menunjukkan kalau Deflection Yoke tidak matching…..perlu penggunaan tambahan trafo impedansi Yoke untuk bisa menyesuaikan impedansinya.

10. Terakhir – ukur tegangan heater. Jika tegangan heater 5.5v atau lebih – maka Resistor serial 1 ohm pada sirkit heater perlu dibesarkan nilainya agar tegangan heater turun menjadi sekitar 5v. Tegangan heater yang over akan menyebabkan CRT cepat rusak.

sumber : http://marsontv.blogspot.com

Jika anda membutuhkan Mesin TV China berbagai macam merk dan ukuran (14″ mono/stereo, 21″ mono/stereo cembung/flatt,29″ cembung/slim, 34” cembung/slim) silahkan hubungi No. Berikut ini, 0856 2425 7039 atau Pin BB. 542233A3/5498F2B7
Untuk mengetahui update stock dan update harga Komponen – komponen TV, silahkan cek tautan dibawah ini,

http://komponenelektronika.com/6-flyback-tv-deflection-yoke…

Like like emoticon dan >>Share<< artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan orang lain.

http://KomponenElektronika.com/
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>