HomeEntertainmentMengenal BackLight/CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) Pada LCD TV/Monitor

Mengenal BackLight/CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) Pada LCD TV/Monitor

Mengenal BackLight/CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) Pada LCD TV/Monitor ‪#‎MengenalBackLightatauCCFLpadaLCDTVMonitor‬

Backlight atau CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) bekerja sebagai penghasil cahaya keseluruh bagian panel/layar LCD. Sistem Backlight terdiri dari Light Emitting Device yang dapat menghasilkan cahaya, Panel Konduktor yang mampu mendistribusikan cahaya ke seluruh permukaan LCD dan Power Supply berupa Inverter yang berfungsi men drive Light Emitting Device. selain itu sebuah Backlight juga memiliki berbagai ukuran bentuk dan ukuran panjang yang berbeda, menyesuaikan dengan ukuran panel/layar LCD TV/Monitornya itu sendiri.

Belakangan ini, Light Emiting Device yang paling umum digunakan adalah tabung Fluorescent yang biasa disebut tabung Katoda Dingin atau CCFL. CCFL disebut tabung Katoda Dingin karena meskipun prinsip pencahayaannya sama dengan tabung Katoda Panas yang digunakan pada lampu ruangan yg biasa kita kenal dengan lampu neon, namun lampu ini tidak memerlukan pemanasan awal dari filamen.

Demikian juga, pada bagian ujung Elektroda lampunya ini berada pada suhu rendah dan mampu memancarkan cahaya cukup terang.

CCFL memiliki lifetime (sekitar 50.000 jam). untuk mendrive sebuah CCFL diperlukan Sebuah rangkaian Inverter, yang mampu menghasilkan sekitar 600 – 1.000 VAC. Inverter ini adalah Power Supply kecil yang digunakan untuk membuat CCFL ini menerangi ke seluruh bagian panel LCD TV/Monitor, dan merupakan salah satu bagian paling penting dari sebuah layar LCD TV/Monitor.

Tampilan Flicker (Berkedeip) dan Kemerahan

Biasanya Layar Berkedip (Flicker) dan kemerahan disebabkan oleh salah satu Backlight yang tidak berfungsi dengan normal(bisa Backlight bagian atas atau bawah). untuk LCD TV/Monitor yang tidak memiliki rangkaian Feedback pada Inverter board, meskipun Backlight bermasalah Monitor LCD akan tetap/terus bekerja dan tidak shutdown (mati). Berbeda dengan Monitor LCD yang memiliki rangkaian Feedback pada Inverter boardnya. jika sedikit berkedip di layar yang disebabkan oleh Backlight yang abnormal, maka LCD
Monitor akan segera shutdown (mati).

Note :lihat pada gambar perbedaan Inverter board yg menggunakan rangkaian Feedback dan yg tidak menggunakan Feedback.

Jika anda mengalami masalah dengan Inverter board ataupun Backlight LCD TV/Monitor anda, silahkan konsultasikan ketersediaan stock, update harga dan solusi alternatifnya melalui sms ke No 0856 2425 7039 atau BB.Pin. 542233A3/5498F2B7.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda dalam menangani Masalah pada Backlight dan Inverter LCD TV/Monitor.

“Like” like emoticon dan >>Share<< artikel ini, jika bermanfaat bagi anda, maupun orang lain…
http://KomponenElektronika.com/
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>