HomeSportsMengenal lebih dalam tentang Sensor
Mengenal_lebih_dalam_tentang_Sensor

Mengenal lebih dalam tentang Sensor

Mengenal lebih dalam tentang Sensor

Menurut Wikipedia, Sensor dijelaskan sebagai sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan pada lingkungan fisik atau kimia, namun secara spesifik, Sensor dapat dianggap sebagai komponen yang dapat didayagunakan dalam mengkonversi suatu besaran tertentu sehingga menjadi sebuah satuan Analog (atau sekarang juga dapat berupa digital) yang dapat dibaca oleh suatu rangkaian Elektronik untuk kepentingan tertentu. Saat kita membicarakan Sensor, kita juga perlu membicarakan sebuah Tranduser, yakni sebuah sistem yang melengkapi Sensor tersebut, sehingga Sensor tersebut dapat menghasilkan outup nilai yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita dan juga dapat langsung dibaca di layar output. Bisa dikatakan secara sederhana jika sebuah Sensor adalah bagian yang paling utama dari sebuah Tranduser.

Sensor terbagi beberapa jenis, yang banyak di gunakan dalam rangkaian Elektronik antara lain Sensor Cahaya, Sensor Suhu dan Sensor Tekanan. Pada saat ini, rangkaian Sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan Orde Nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi.

Sensor Cahaya

Sensor Cahaya atau biasa di sebut dengan Fotovoltaic adalah alat Sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik. Rangkaian Sensor cahaya yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika terdapat cahaya dalam lapisan P maka akan menyebabkan gerakan Elektron antara bagian P dan N, jadi dapat menghasilkan tegangan DC yang kecil sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.

Sensor Suhu

Sensor Suhu terbagi menjadi 4 jenis utama yang biasa di gunakan :

1) Thermocouple
Thermocouple terdiri dari sepasang penghantar yang berbeda di sambung dan si lebur bersama satu sisi membentuk sambungan pengukuran yang ada ujung-ujung bebasnya untuk hubungan dengan sambungan refensi.

2) Detektor Suhu Tekanan
Konsep yang di gunakan pada pengukuran suhu dengan Detektor tahanan adalah tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Variasi ini di maksudkan untuk presisi dan dapat di ulang lagi sehingga memungkinkan pengukuran suhu. Bahan yang di gunakan dalam rangkaian sensor ini adalah kelinearan, stabilitas dan reproduksi.

3) Thermistor
Thermistor adalah Resistor yang peka terhadap panas yang biasanya mempunyai koefisien suhu negatif, karena suhu meningkat tahanan menurun dan sebaliknya.

4) Sensor Suhu Rangkaian Terpadu
Sensor Suhu yang menggunakan IC chip silikon untuk elemen yang merasakan (Sensor). Rangkaian Sensor ini memiliki konfigurasi output tegangan dan arus. Meskipun terbatas, tetapi dapat menghasilkan output yang sangat linier di atas rentang kerja.

Sensor Tekanan

Prinsip kerja Sensor Tekanan adalah mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Kurang tegangan di dasarkan pada prinsip kerja bahwa pengantar berubah panjang dan luas penampang.

Selain beberapa jenis Sensor diatas, biasa kita temukan dalam rangkaian Elektronika beberapa Sensor lainnya, seperti :

LDR “Light Dependent Resistor” (Sensor Cahaya)
Resistor yang besar resistansi-nya bergantung terhadap intensitas cahaya yang menyelimuti permukaannya.

PTC “Positive Temperature Coefisient” (Sensor Suhu)
NTC “Positive Temperature Coefisient” (Sensor Suhu)
Resistor yang besar resistansi-nya bergantung terhadap perubahan suhu.

Perbedaan sifat PTC dengan NTC

PTC = Jika suhu naik maka hambatan pun akan naik, begitu pun dengan sebaliknya.

NTC = Jika suhu naik maka hambatan turun, begitu pun dengan sebaliknya.

PTC dan NTC ini biasa kita temui pada Mainboard TV atau Monitor.

Masih banyak jenis sensor yang memiliki tugas dan fungsi khusus yang bisa kita temui dipasaran. untuk mengetahui jenis – jenis Sensor lainnya, info update harga dan stock Sensor, silahkan anda cek pada tautan dibawah ini,

http://komponenelektronika.com/18-current-sensor-analog-sou…

Like like emoticon dan >>Share<< artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan orang lain.

Komponen Elektronika like emoticon
http://KomponenElektronika.com/
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>