HomeLife StyleMENGENAL MAINBOARD PADA LCD/LED MONITOR
MENGENAL_MAINBOARD_PADA_LCD_LED_MONITOR

MENGENAL MAINBOARD PADA LCD/LED MONITOR

MENGENAL MAINBOARD PADA LCD/LED MONITOR*

Mainboard biasa juga disebut AD Board, Logic Board atau Scalar Board, berfungsi meng convert (merubah) signal analog RGB menjadi signal digital untuk kemudian di kirimkan ke bagian LCD controller dan bagian driver lalu kemudian terakhir dikirim ke Panel Screen LCD.

Mainboard pada LED/LCD Monitor ini terdiri dari IC Scalar, MCU (Microcontroller unit), EEprom’s, Crystal, Voltage Regulator dan komponen komponen smd lainnya yang terdapat disekitar Mainboard tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fungsi setiap IC pada Mainboard LCD :

Scalar IC :
Terdiri dari Pre-Amp, ADC (Analogue to Digital Converter), Auto Adjustment, PLL (Phase Locked Loop), on Screen Display (OSD), Dual LVDS (Low Voltage Differential Signalling) Transmitter dan IC Scalar itu sendiri.

IC Scalar akan meng convert (merubah) signal analog input Red,Green,Blue menjadi signal digtal 8 atau 6bits RGB (tergantung pd jenis MCU yg dipergunakan) dimana IC controller di dalam LCD Panel dapat mengenalinya.

Sedangkan fungsi auto adjusment akan memberikan automatic frequency, phase, H/V position dan white balance tuning pada semua kondisi layar.

Untuk Monitor LCD model lama fungsi ADC, OSD dan LVDS transmitternya tidak terintegrasi di dalam IC Scalar itu sendiri.

MCU (Microcontroller)
adalah sebuah IC yang telah di program dengan memilki tugas tertentu. Microcontroller didalmnya terdiri dari CPU, SRAM, DAC, A/D Converter dan 64Kbyte internal program Flash ROM. di design untuk menulis dan menghapus kinerja retensi data yang tertampilkan untuk flash, untuk keperluan pemprograman, menghapus flash memory dan kemudian flash itu sendiri bisa mengkloning EEPROM.

IC EEPROM :
Singkatan dari Electrical Erasable Programmable Read Only Memory atau disebut juga E²PROM. mampu menghapus dan menulis data pada program. EEPROM juga disebut non-volatile memory karena ketika power mati atau kondisi off, penyimpanan data di EEPROM tidak akan terhapus atau hilang.jadi ketika anda membeli IC EEPROM baru maka IC tersebut belum memiiki data didalamnya, perlu anda isi datanya terlebih dahulu menggunakan EEprom Programmer.

Untuk mengcopy dan memprogram IC EEPROM baru anda, anda dapat menggunakan EEprom Programer sederhana dan murah seperti pada tautan berikut ini,

http://komponenelektronika.com/search.php…

Apa Fungsi EEPROM?

EEPROMs berfungsi menyimpan data yang telah terprogram.

EEPROM dalam LCD/LED Monitor memiliki dua fungsi:

* Ketika LCD Monitor kondisi on,maka terjadi proses meng copy semua data dan informasi dari EEPROM lalu diteruskan ke microcontroller (MCU). Eeprom akan mengijinkan, microcontroller untuk mengenali frekwensi pada monitor yang sedang bekerja•

* EEPROM disini dapat juga berfungsi sebagai penyimpan settingan terakhir pada LCD Monitor. Settingan terakhir pd LCD monitor tidak akan terhapus ataupun hilang meskipun monitor dimatikan. kapanpun dilakukan perubahan settingan, Microcontroller akan meng update settingan dalam EEPROM tersebut.

CRYSTAL
Fungsinya adalah untuk menjaga dan mengunci frekuensi.Jika sinyal clock pada crystal ini berhenti memproduksi frekuensi, atau lemah, atau pulsa mulai bergeser dan berubah ubah, Monitor LCD akan mengalami masalah intermiten atau bahkan mati total. Maka Pastikan terdapat bentuk gelombang sinus, cek dengan menggunakan osiloskop.

VOLTAGE REGULATOR
Memberikan supply tegangan konstan sebesar 2,5 V, 3,3 V dan 5 Volt ke semua IC yang terdapat apda Mainboard dan Controller board. jika salah satu tegangan saja drop atau hilang dari tegangan suplay dapat menyebabkan Monitor LCD tidak menyala, begitu juga lampu led indikator akan mati.

“Like” like emoticon dan >>Share<< jika artikel ini bermanfaat bagi anda, maupun orang lain…

Semoga Bermanfaat !!!!!

http://KomponenElektronika.com/
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

3 Comments

Sutraman

We sometimes forget that mobile devices can make phone calls, and also that some desktop configurations can launch VoIP applications.

Reply
Kian Santang

Bagian standar dari teks Lorem Ipsum yang digunakan sejak tahun 1500an kini di reproduksi kembali di bawah ini untuk mereka yang tertarik.

Reply
Sutraman

Richard McClintock, seorang professor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>