HomeEntertainmentJenis – jenis Kabel dan Karakteristik penggunaannya III
Jenis_jenis_Kabel_dan_Karakteristik_penggunaannya_III

Jenis – jenis Kabel dan Karakteristik penggunaannya III

Jenis – jenis Kabel dan Karakteristik penggunaannya III

Pada bahasan sebelumnya, admin sudah mengupas beberapa jenis Kabel seperti jenis Kabel NYA, NYAF, NYM, NYMHY dan beberapa jenis Kabel Telpon.

Kali ini admin akan membahas beberapa jenis Kabel Coaxial, Kabel Serat Optik, Kabel USB dan Kabel pada Perangkat Audio-Video.

Kabel Coaxial

Kabel jenis yang memiliki impedansi rendah sekitar 80 ohm, redaman yang rendah dan umumnya digunakan untuk frequensi tinggi. Contohnya seperti : Kabel antenna.

Kabel Serat Optik

Merupakan jenis Kabel (media) transmisi yang dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas yang besar dan dengan kehandalan yang tinggi. Serat Optic ini Gelombang pembawa informasinya bukan merupakan Gelombang Elektromagnetik atau listrik, akan tetapi merupakan sinar atau cahaya laser.
Serat Optic tersusun dari beberapa bagian yang memiliki fungsi dan indeks bias yang berbeda, diantaranya :

• Core ( inti ) terbuat dari bahan kuarsa dengan kualitas tinggi berfungsi untuk melewatkan cahaya yang merambat dari satu ujung ke ujung lainnya.

• Cladding ( Selubung ) Berfungsi sebagai cermin, untuk memantulkan cahaya agar dapat merambat ke ujung yang lain terbuat dari bahan gelas dengan indeks lebih kecil dari Core (inti ).

• Coating ( jaket ) berfungsi sebagai pelindung mekanis dan tempat code warna. Coating terbuat dari bahan plastik untuk melindungi Serat Optik dari kerusakan, tekanan perubahan temperatur dan sebagainya.

Kabel USB ( Universal Serial Bus )

Merupakan Kabel Data yang digunakan untuk Koneksi Komputer dengan Pheripheral atau peralatan tambahan pada Komputer.
Kabel pada Perangkat Audio-Video

Terdapat beberapa Format Kabel Video diantaranya seperti Coaxial Composit, RCA-Komposit, S-Video 3RCA, 5 RCA, HDMI dll.
Kabel Video berbeda dengan Kabel Audio Analog dimana Kabel Audio berfungsi mentransfer sinyal berfrekuensi rendah 20 -20 Khz. Sedangkan Kabel Video berfungsi untuk mentransfer sinyal frekuensi tinggi 8 Mhz -10 Mhz seperti format NTSC.

Selesai…

Like like emoticon dan share jika bermanfaat untuk anda dan orang lain..

Komponen Elektronika
http://KomponenElektronika.com
~Solusi Pencarian Komponen Elektronika ~

0856 2425 7039
BB.Pin. 542233A3/5498F2B7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>